Selasa, 02 Maret 2010

SEPINYA MUSIUM CERMIN LUNTURNYA NASIONALISME

Benar kata Bung Karno bahwa bangsa ini akan berjaya jika mengenang masa lalu dan menatap masa depan. Ingat ucapan Bapak Presiden kita pertama “jangan sekali-kali meninggalkan sejarah” atau dikenal dengan istilah “Jasmerah”.
Bicara sejarah kita maka kita bicara peninggalan sejarah itu yang berupa museum. Kota Semarang tempat tinggal saya selama ini memiliki banyak museum antara lain Museum Mandala Bhakti, Museum Ronggowarsito, dan yang paling dikenal adalah Lawang Sewu yang berada di bundaran Tugu Muda.
Tulisan ini mencoba memberi nuansa kepada pembaca setia blog saya (wah sombongnya ….) tentang keberadaan museum-museum tersebut dan akan saya kaitkan dengan semangat patriotisme. Saya mulai dari Museum Mandala Bhakti. Museum ini berisi benda-benda peninggalan jaman perang kemerdekaan baik berupa kendaraan perang, persenjataan dan foto-foto gedung pada jaman dulu. Mari kita lihat lebih dekat, museum yang berada di depan Lawang Sewu ini ibarat bangunan yang sudah renta dan tidak menarik lagi. Ramainya lalu lintas kawasan Tugu Muda tidak dapat menarik animo masyarakat untuk melihat dalamnya museum.

Melanjutkan jalan-jalan saya adalah bangunan di depan museum Mandala Bhakti yaitu Lawang Sewu. Kondisinya tidak jauh berbeda. Bangunan yang terkenal karena Peristiwa Pertempuran Lima Hari di Semarang ini tak ubahnya seperti Kastil yang menyeramkan, sehingga tidak heran jika tempat ini menjadi Uji Nyali terhadap makhluk ghaib yang sempat di tayangkan sebuah TV swasta.
Bergerak ke barat saya singgah di bundaran Kali Banteng. Kali ini saya berkunjung ke Museum Ronggowarsito. Kondisi museum ini jauh lebih baik dibanding dua tempat sebelumnya, tetapi bagusnya bangunan juga tidak dapat menarik animo pengunjung. Sungguh ironis.
Pembaca yang setia, inilah kondisi real museum di kota Semarang, mungkin juga di kota-kota lain. Apakah ini pertanda patriotisme masyarakat kita sudah mulai memudar ? Mari kita wacanakan !
Sumber foto :
  • http://sannywannatell.wordpress.com/galeri-pameran/
  • www.mesias.8k.com
  • www.semarangan.net

Comments :

2 komentar to “SEPINYA MUSIUM CERMIN LUNTURNYA NASIONALISME”

Agoesman120 mengatakan...
on 

Wahhhh
Suatu kebanggaan sendiri kalu generasi mudah menyadari adanya kecenderungan menurunnya nilai-nilai nasionalismes sekarangan ini …. bangkikkan nasionalisme di sekitar anda…!!!
Salam Nasioanlisme
Salam Hangat

Astriani mengatakan...
on 

yup, terima kasih mas agoesman120. Mari kita mulai dengan melestarikan kebudayaan yang kita miliki…

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by NAMAKU ASTRIANI