Sabtu, 23 Januari 2010

TIPS MUDAH MENANGGULANGI RUSAKNYA LINGKUNGAN

Awan yang dulu tampak cerah kini mendung, seakan ia murung karena tingkah laku manusia. Beribu hektar hutan di tebang secara liar. Banyak sampah berserakan, asap knalpot yang menyebabkan polusi udara, bahan kimia yang disalahgunakan dan masih banyak lagi hal – hal yang dapat merusak lingkungan. Bagaimana kita menanggapinya ? Geosains Australia memperkirakan di tahun 2009 mendatang akan terjadi bencana alam yang paling parah. Beredar pula buku-buku yang membahas tentang kapan tiba hari kiamat. Sempat saya membaca salah satu buku tersebut. Menurut pendapat saya penulis bercermin pada kejadian-kejadian silam. Lalu mereka menghitung selisih tahun kejadian tersebut dan pada tahun 2012 adalah tahun dimana tepat semua kejadian bencana alam itu terjadi. Dan mungkin banyak nyawa yang menjadi korban. Bisa dibilang pada tahun 2012 akan terjadi pemilihan penghuni bumi. Yang beriman terselamatkan dan yang berdosa yang meninggal. Sekarang kita tidak perlu pusing-pusing memikirkan hal tersebut. Yang ada bukannya taubat malah menyiksa diri. Lihat sekeliling kita, banyak sampah yang menutupi tanah kita apalagi sampah an organik yang sukar diurai. Sehingga air sulit untuk meresap ke tanah. Akibatnya, banyak terjadi banjir dimana-mana. Tidak hanya sampah yang menjadi penyebab utama, kurangnya pepohonan juga mempengaruhi proses penyerapan air. Banyak hutan dan sawah dijadikan perumahan sehingga pepohonan pun berkurang. Padahal akar pohon itu diperlukan untuk membantu proses penyerapan air. Sekarang tanah tidak dapat menyerap dengan sempurna dan itu juga mengakibatkan tanah longsor. Bagaimana cara menanggulanginya ? Berikut beberapa tips untuk menanggulangi bencana tersebut :
  1. Jangan buang sampah sembarangan
    Buanglah sampah di tempat yang sudah disediakan. Usahakan untuk memisah antara sampah organik dan sampah an organik. Kita juga bisa melakukan aksi “Pungut satu sampah” yaitu satu orang memungut satu sampah yang dilihat di setiap tempat lalu buang di tempat sampah.
  2. Tanam dan rawat pohon di sekitar kita
    Jika kita melihat lahan kosong, cobalah untuk menanam pohon yang bisa membantu penyerapan air. Seperti pohon mangga, pohon rambutan, dll. Selain bisa menyerap air, kita pun bisa menikmati buah dari pohon itu, berteduh di bawahnya dan pohon tersebut bisa menyerap karbondioksida dan merubahnya menjadi oksigen. Nah, banyak keuntungan yang kita dapat dari menanam pohon. Eits, selain menanam kita juga harus menjaga dan merawatnya lho…
  3. Manfaatkan sampah
    Ada baiknya kita memanfaatkan sampah yang ada. Seperti yang terjadi di SMK Negeri 8 Semarang. Siswa SMK Negeri 8 memiliki satu usaha yaitu “Rumah Produksi Jamur Tiram”. Media tanam yang digunakan adalah serbuk gergaji, sekatul, dan kapur. Bekas media tanam tersebut tidak dibuang melainkan dimanfaatkan menjadi bricket. Jadi kan bisa dimanfaatkan untuk memasak. Kan lebih murah daripada pake’ kompor gas.
    Masih banyak lagi yang bisa kita lakukan dengan memanfaatkan sampah an organik.

Kita sebagai manusia yang tinggal di maka kita pun wajib merawatnya. Kalau bukan kita, siapa lagi ?

Comments :

0 komentar to “TIPS MUDAH MENANGGULANGI RUSAKNYA LINGKUNGAN”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by NAMAKU ASTRIANI