Selasa, 19 Januari 2010

PERBEDAAN TANDA AWAL KEMATANGAN SEKSUAL ANTARA COWOK & CEWEK

Saat anak-anak beranjak remaja, terdapat tanda-tanda awal dimana tanda-tanda tersebut pastinya berbeda antara laki-laki dan perempuan.
Remaja laki-laki dapat dikatakan sudah bisa melakukan fungsi reproduksinya bila telah mengalami mimpi basah (ejakulasi awal/pertama)

Apa itu mimpi basah ?

Mimpi basah yaitu peristiwa ejakulasi (pengeluaran cairan kental yang disebut air mani) pada saat tidur. Air mani mengandung sel mani (sperma). Mimpi basah bisa disebabkan oleh impian erotis (merangsang) tetapi tidak semuanya disertai mimpi basah dan mimpi pada setiap remaja laki-laki tidak selalu sama. Biasanya remaja laki-laki akan mengalami mimpi basah pada usia antara 10-15 tahun. Pada saat itu, buah zakar mulai menghasilkan sperma dan jika sperma telah memenuhi buah zakar maka akan keluar ketika tidur.

Kemudian remaja perempuan dikatakan sudah dapat melakukan fungsi reproduksinya bila telah mengalami menstruasi/haid/datang bulan/menarche(menstruasi pertama).
Apa itu menstruasi ?

Menstruasi (haid) adalah peristiwa keluarnya cairan darah dari vagina perempuan berupa luruhnya lapisan dinding dalam rahim yang banyak mengandung pembuluh darah. Setiap bulan berlangsung antara 3-7 hari. Hal ini terjadi secara tidak teratur setiap bulan atau dapat disebut siklus menstruasi/haid yang jaraknya dari haid satu dengan haid bulan berikutnya tidak sama. Perempuan biasanya mulai mengalami haid di usia 10-14 tahun. Menstruasi pertama juga merupakan tanda bagi perempuan bahwa dirinya telah memiliki kemampuan untuk hamil jika melakukan hubungan seksual. Sebaiknya setiap bulan remaja perempuan membiasakan diri untuk mencatat tanggal mulainya menstruasi untuk memudahkan mengetahui panjang siklus haidnya. Dengan demikian dapat diperkirakan waktu menstruasi berikutnya.
Tulisan ini dikutip dari buku KRR (Kesehatan Reproduksi Remaja) yang aku dapatkan saat aku mengikuti Pelatihan Konselor Sebaya di Dinas Kesehatan, Semarang.

Comments :

1
choen mengatakan...
on 

salut ama astriani, artikel ini memang layak untuk di posting, untuk bahan pembelajaran.

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by NAMAKU ASTRIANI